Sabtu, 18 Juni 2011

Kaum jahiliyah berdoa kepada para wali dan orang-orang shalih

Kaum jahiliyah berdoa kepada para wali dan orang-orang shalihPDFPrintE-mail
Written by Abdurrahman   

Sesungguhnya orang-orang jahiliyah mempersekutukan Allah swt dengan cara berdoa dan beribadah kepada orang-orang shalih. Tujuannya untuk mencari syafaat mereka di sisi Allah. Karena mereka menyangka bahwa Allah dan orang-orang shalih mencintai akan hal itu. Sebagaimana Allah berfirman

وَيَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لا يَضُرُّهُمْ وَلا يَنْفَعُهُمْ وَيَقُولُونَ هَؤُلاءِ شُفَعَاؤُنَا عِنْدَ اللَّهِ

“Dan mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemudharatan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan. Dan mereka berkata, “Mereka itu adalah pemberi syafaat kepada kami di sisi Allah” (Yunus: 18)

وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَى

“Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata), 'Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya'” (Az-Zumar: 3)
Dan ini merupakan perkara yang paling besar, yang Rasulullah saw telah menyelisihi mereka. Lalu Beliau saw datang dengan membawa misi al-ikhlas (tauhid). Dan mengabarkan bahwa keikhlasan itu merupakan ajaran Allah swt dimana Allah swt telah mengutus semua rasul-Nya dengannya. Dan tidaklah akan diterima amalan, kecuali dari seorang yang ikhlas. Dan barangsiapa yang melakukan sesuatu yang mereka (orang-orang jahiliyah) anggap baik, sungguh Allah swt telah mengharamkan surga baginya dan menjadikan neraka sebagai tempat tinggalnya.
Ini adalah perkara yang menyebabkan manusia terbagi menjadi dua golongan, yaitu mukmin dan kafir. Dari sinilah terjadi permusuhan dan karenanyalah disyariatkan jihad, sebagaimana Allah swt berfirman,

وَقَاتِلُوهُمْ حَتَّى لا تَكُونَ فِتْنَةٌ وَيَكُونَ الدِّينُ كُلُّهُ لِلَّهِ

“Dan perangilah mereka sampai tidak ada fitnah (kesyirikan) dan agama ini seluruhnya hanya untuk Allah” (Al-Anfaal: 39)
Diambil dari Masaail Jahiliyyah, Syaikh Muhammad At-Tamimy
Last Updated on Wednesday, 16 March 2011 05:59
Avril Lavigne - I Love You

Tidak ada komentar:

Posting Komentar